Selasa, 15 Januari 2019

LAPORAN STIE MDP KUNJUNGAN INDUSTRI ke PT CAHAYA MURNI SRIWINDO (NAPOLLY)

LAPORAN
STIE MDP KUNJUNGAN INDUSTRI ke
PT CAHAYA MURNI SRIWINDO (NAPOLLY)











Disusun Oleh :
Roma Sibarani
Sandika Ramadona
Anisa Fadila
Mulia Trisaputri
Anisa Fadila
Muhammad Hakim


SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MULTIDATA PALEMBANG
MANAJEMEN 2018

KATA PENGANTAR
Puji syukur selalu terpanjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat Nya kami mempunyai kesempatan untuk mengunjungi dan menyusun laporan kunjungan industri ke PT Cahaya Murni Sriwindo (Nappolly) ini dengan tepat waktu. Laporan kunjungan industri ini kami susun untuk memenuhi tugas kami sebagai siswa, juga sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir sekolah dan Ujian Nasional. Laporan ini disusun berdasarkan data-data yang kami kumpulkan dengan berbagai metode untuk memastikan kevalidan informasi yang telah ada.                                             Kami haturkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang secara langsung maupun tidak langsung terlibat dalam penyusunan laporan kunjungan industri ini. Terutama kepada Ibu Charisma sebagai pembimbing kami. Akhirnya, kami sadar betul bahwa penyusunan laporan ini masih jauh dari kata baik, masih ada kekurangan di berbagai sisi sehingga kami sangat mengaharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca guna perbaikan diri di kesempatan berikutnya.                                         Demikian kami sampaikan, besar harapan kami laporan ini dapat bermanfaat dan digunakan dengan sebaik-baiknya.












Palembang, Desember 2018


Penyusun






Daftar Isi

Judul........................................................................................................................
Kata Pengantar........................................................................................................
Daftar Isi.................................................................................................................
Bab I Pendahuluan..................................................................................................
1.1  Latar Belakang.............................................................................................
1.2  Rumusan Masalah...........................................................................................
1.3  ManfaatPenulisan
1.4  TujuanPenulisan


Bab II Pembahasan..................................................................................................
2.1 SWOT Analisis Perusahaan..............................................................................
2.2 Cara Pemasaran Perusahaan.............................................................................
2.3 Cara Pengelolaan SDM.....................................................................................
2.4 Cara Pengelolaan Operasional..........................................................................
2.5 Cara Quality Control Perusahaan......................................................................
2.6 Cara Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi Perusahaan..................................

Bab III Penutup.......................................................................................................
3.1 Kesimpulan........................................................................................................
3.2 Saran..................................................................................................................







BAB I
Pendahuluan

1.1  Latar Belakang

A.    Profil Perusahaan

Cikal bakal berdirinya perusahaan awalnya dipalembang, penyebaran perusahaan hampir di seluruh Indonesia sampai ke Irian Jaya, dimana di Irian Jaya ada 3 perusahaan. Perusahaan ini bergerak di bidang furniturecontohnya ; Lemari, tempat tidur, kursi, meja dan serta alat-alat plastik lainnya. PT. Cahaya Murni Sriwindo (Napolly) Merupakan salah satu perusahaan dibidang usaha Furniture yang terletak dijalan Pangeran Ayin No.147 RT.13, Sako. PT. Cahaya Murni Sriwindo ( Napolly) ini Berdiri di palembang sejak tahun 1995.
PT. Cahaya Murni Sriwindo (Napolly) palembang ini Memproduksi Tiga Jenis Produk Diantaranya memproduksi busa, kasur, kursi dan lemari plastik, meja belajar serta beberapa furniture lainnya.Kegiatan kunjungan industri ke Pabrik Napolly dilaksanakan pada hari Selasa, 11 Desember 2018 pukul 14.00-16.40


B.     Perkembangan Perusahaan
PadaawalnyaperusahaanNapollybernama Olympic, yaituperusahaan yang terkenaldenganproduksi furniture-furniturenyamulaidarilemari, mejabelajar, dan lain-lain.PT Napollytidakhanyamemfokuskanpadadesain yang menarik,namunjugakualitas yang tidakkalahbagusjikadibandingkandenganproduklainnya.Karena PT Napollysudahdikenalsebagai International Character Licensed Plastic Furniture.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah pada makalah ini adalah sebagai berikut:
a.       Bagaimana Penulis menggagasanalisis SWOT dari PT CahayaMurniSriwindo (Napolly)
b.      Bagaimana Penulis membahas carapemasaranperusahaan, carapengelolaan SDM, cara quality control, carapengelolaanoperasional, dancarameningkatkankreativitasdaninovasidari PT CahayaMurniSriwindo (Napolly)




1.3 Tujuan Penulisan
1.3.1 Memperluas pengatahuan mahasiswa dalam lingkungan dunia kerja.
1.3.2 Mendorong mahasiswa agar mempunyai minat bekerja di perusahaan atau membangun usaha
1.3.3 Memberi informasi tentang cara kerja dan tenaga kerja perusahaan.
     1.3.4 Mendorong mahasiswa agar mempunyai rasa kedisiplinan dan tanggung jawab.
     1.3.5 Membantu mahasiswa untuk menciptakan kreativitas tanpa batas.
     1.3.6 Melihat secara langsung proses produksi dari awal sampai akhir.
     1.3.7 Untuk Belajar (tidak hanya tau teknik tapi juga praktik dan cara pemasarannya).


1.4 Manfaat Penulisan
     1.4.1 Bagi Mahasiswa;
·         Dapat mengetahui kedisiplinan dan tata tertib yang tegas pada dunia kerja.
·         Melihat secara langsung praktek kerja produksi.
·         Mendapat gambaran saat akan bekerja di industri atau ingin membuat sebuah industri.
     1.4.2 Bagi Industri;
·         Dapat berbagi ilmu dengan mahasiswa.
·         Mengajak dan memperlihatkan proses produksi bagi mahasiswa maupun dosen.
·         Memperkenalkan sejarah singkat tentang berdirinya industri.
·         Memperkenalkan hasil produksi pada masyarakat luas.
·         Kampus dapat mengajak mahasiswa belajar langsung di lapangan.








BAB II
Pembahasan

2.1 SWOT Analisis Perusahaan
            Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang dilakukan untuk  mengevaluasil kekuata (strenght), kelemahan (weakness), kesempatan (opportunity), dan ancaman (threats). Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (strength) dan peluang (opportunity) namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (weakness) dan ancaman (threats).
Berdasarkan pengertian diatas berikut adalah analisis SWOT dari perusahaan PT.Cahaya Murni Sriwindo ( Napolly ) yang telah kami buat, yaitu :
·         Strength:         Perusahaan memiliki nama yang populer di kalangan    masyarakat, Persaingan yang sedikit sebagai produsen   maupun kursi dan lemari plastik.
·         Weakness:       Letak perusahaan jauh dari pusat kota.
·         Opportunity:   Memperluas pabrik ke seluruh Indonesia, Persaingan yang masih sedikit bisa membuat perusahaan menjual produknya ke banyak distributor.
·         Threats:           Karena Napolly masih memimpin pasar akan ada perusaahaan lain yang memproduksi produk sejenis.

2.2 Cara Pemasaran Perusahaan
Pengertian pemasaran adalah aktivitas sosial dan sebuah pengaturan yang dilakukan oleh perorangan ataupun sekelompok orang dengan tujuan untuk mendapatkan tujuan mereka dengan jalan membuat produk dan menukarkannya dengan besaran nominal tertentu ke pihak lain.(Philip Kotler).
Strategi memanen pangsa pasar, yaitu;
1.      Meningkatkan jumlah keuntungan dengan meningkatkan volume penjualan
2.      Mengurangi jumlah distributor yang kurang menguntungkan
3.      Meningkatkan pelayanan kepada distributor menengah dan besar
Adapun strategi yang dilakukan untuk mempertahankan pangsa pasar, yaitu :
1.      Meningkatkan pelayanan pada konsuen akhir dan distributor pelanggan termasuk penyelenggaraan layanan purna jurnal
2.      Mempertahankan  daftar harga eceran tertinggi produk, menghindari kenaikan harga, meningkatkan efisiensi operasional bisnis
3.      Meningkatkan variasi jenis dan desain produk yang dipasarakan, mencari alternatif penggunaan produk baru
4.      Menawarkan sarana promosi di tempat penjualan distributor secara cuma-Cuma.
5.      Perusahaan PT. Cahaya Murni Sriwindo (Napolly) menjual produknya dengan bantuan sales dan beberapa distributor.
6.      Menjaga Image Produk tersebut tetap bagus agar konsumen selalu membeli.
7.      Melalukakan promosi melalui media sosial.
Proses pemasaran PT CahayaMurniSriwindo (Napolly) yaituperusahaanmenjualproduk yang telahdiproduksikepadaagen-agenatau reseller. Karyawan atau bagian pemasaran akan menjual barang dengan menggunakan kendaraan operasional perusahaan itu sendiri. Barang yang akan dipasarkkan sebelumnnya telah dikemas dengan rapi dengan kardus atau plastik agar sampai kepada konsumen dengan aman.Perusahaan memiliki kebijakan dimana pembelian barang dalam jumlah atau skala yang lebih besar akan diberikan harga yang lebih murah fi pabrik pembuatan.

2.3 Cara Pengelolaan SDM
Perusahaan memliki tanggung jawab kepada karyawan sebagai contohnya yaitu, Pemeliharaankaryawandimana adalah salah satu usahauntukmempertahankandanmeningkatkankondisifisik, mental, dansikapkaryawan agar merekatetapsetia dan dapat memberikan kontribusi yang baik untuk perusahaan, selain itu bisabekerjaproduktifuntukmenunjangtercapainyatujuanperusahaan. Perusahaan Napolly ini melakukan perekrutan dimana salah satu kriterianya calon karyawan harus memiliki sikap yang rajin dalam bekerja dan siap ditempatkan dimanapun.
Pentingnya program pemeliharaaniniuntukmempertahankankaryawan yang memiliki kualifikasi. Adapuntujuanpemberiankesejahteraanyaitu :
1. Untukmeningkatkankesetiaandanketerikatankaryawankepadaerusahaan
2. Memotivasisemangatkerja, disiplin, danproduktivitaskaryawan
3. Menciptakanlingkungandansuasanakerja yang baikdannyaman
4. Membantulancarnyapelaksanaanpekerjaanuntukmencapaitujuan
5. Memeliharakesehatandanmeningkatkankualitaskaryawan
6. Mengefektifkanpengadaankaryawan
7. Membantupelaksanaan program pemerintahdalammeningkatkankualitasmanusia Indonesia
8. Mengurangikecelakaandankerusakanperalatanperusahaan.
Perusahaan PT CahayaMurniSriwindotelahmenetapkanperaturanmengenai jam kerjakaryawangunaproduktivitasperusahaaninisendirisehinggakaryawanmampubekerjasecara optimal. Cuti akan diberikan12 hari jika sudah setahun kerja. Selainitu, jugaterdapat rolling yaiturolling shift 2 hari pagi- 2 hari siang- 2 hari libur.

2.4 Cara Pengelolaan Operasional
Perusahaan PT CahayaMurniSriwindo (Napolly) memulaikegiatanproduksipadapukul 8 pagidanberakhirpadapukul 4 sore. Karyawanakanmulaibekerjadanmelakukanaktifitasmulaidariproduksihinggapendistribusian. Perusahaan inimemberlakukan 3 shift, dimana shift pagi-siang-malam.

2.5 Cara Quality Control Perusahaan
Menurut Standar Operasional Perusahaan (SOP) dimana perusahaan Mengecek barang secara detail apakah ada barang yang cacat dan tidak layak untuk dipasarkan. Jika terdapat cacat pada barang maka barang akan dikembalikan ke pabrik.Karyawan yang bekerja pada bagiam ini tidaklah mudah karena di butuhkan keahlian dan ketelitian agar konsumen tidak kecewa dengan produk yang akan di pasarkan.
Tanggung jawab quality control yaitu :
1.      Memastika bahwa kualitas barang dan produksi sesuai Bertanggung jawab untuk memantau, menganalisis, meneliti, menguji suatu produk
2.      Quality control bertanggung jawab memonitor setiap proses yang terlibat dalam produksi produk
3.      Merekomendasi pengolahan ulang produk berkualitas rendah
4.      Bertanggung jawab untuk dokumentasi inspeksi dan tes yang dilakukan pada produk dari sebuah perusahaan
5.      Menganalisis catatan sejarah perangkat dan dokumentasi produk sebelumnya untuk referensi di masa mendatang
Perusahaan iniakanmelakukanpengecekankualitasdariproduk yang dihasilkansebelumsampai di tanganpelanggan. Salah satunya, dapatdilihatdaripengecekansuhupadabusa, halinidilakukan agar tidakterjadikecacatanpadaprodukataupunmembahayakankeamananpelanggankarenaapabilabusaberadapadasuhu yang sangattinggi, busaakanmeledak. Selainitu, beberapakaryawanjugaakanmelakukanpengecekanberupatesterhadapkualitaskursiplastik, apakahcukupkuatuntukdidudukidanpengetesanpadaspringbedapakahdapatmemberi rasa nyamanpadapelanggan, pengecekanterhadaplemari. Semuabarangdilakukanpengecekan agar tingkatreturpengembalianberkurangdanpelangganmerasapuasterhadapproduknapollyini.


2.6 Cara Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi Perusahaan
Perusahaan harus melihat dan meneliti apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, bagaimana selera masyarakat. Pada umumnya selera masyarakat akan terus berubah dan berkembang seiring waktu. Tapi, pada hakikatnya masyarakat tidak akan berubah untuk tetap membeli barang praktis dengan harga terjangkau. Oleh karena itu, kami memberi saran kepada perusahaan untuk melakukan beberapa hal diantaranya :
1.      Memproduksi barang dengan motif yang belum ada (limited edision) atau motif dibuat berbeda-beda untuk masing-masing produk.
2.      Gunakan bahan yang sifatnya ringan, tidak terlalu berat saat diangkat.
3.      Manfaatkan teknologi yang sekarang sudah semakin canggih yaitu dengan membuat aplikasi yang dapat mempermudah proses jual beli.
4.      Adakan give away menjelang akhir tahun dan pembagian voucher pemotongan pembelian.
BAB III
Penutup


3.1    Kesimpulan
Perusahaan dalam menjalakan usahanya memiliki ada faktor-faktor/aspek yang mempengaruhi maju atau tidak usaha pada usaha ini,PT Napolly dalam kinerja manajemen penjualan sangat dipengaruhi oleh profesionalisme perusahaan dalam menyusun rencana penjualan produk.
PT Napolly berupaya memberikan yang terbaik menjadi perusahaan furniture yang memimpin pasar dan memiliki pandangan/citra yang positif dan kondusif untuk semua pihak sehingga diakui menjadi asset nasional.Jika faktor-faktor diterapkan dengan baik maka akan mengalami perkembangan pada usaha tersebut.Hal tersebut juga bukan tanpa alasan tetapi ada alasan tersendiri untuk tetap memajukan perusahaannya

3.2    Saran
1. Dalam menjalankan usaha seorang pimpinan harus terus memperhatikan SDM, agar para karyawan merasa diperhatikan oleh perusahaan.
2.Ketekunan dalam melakukan pekerjaan sudah cukup bagus hanya dalam beberapa hal seperti dalam pemasaran,aspek lainnya harus lebih diperhatikan lagi.
















DAFTAR PUSTAKA

https://m2indonesia.com/informasi/perusahaan/profil-perusahaan-cahaya-murni-sriwindo-pt-palembang-provinsi-sumatera-selatan.htm
jobsinfopedia.blogspot.com/2015/05/pengertian-tugas-tanggung-jawab-quality.html?m=1




video


Tidak ada komentar:

Posting Komentar